Rabu, Februari 10, 2016

Tanjung Lesung Part 2


Libur Imlek tahun 2016 diisi dengan liburan ke Tanjung Lesung, Banten.
Bekasi-Tanjung Lesung via Anyer

Route berangkat yang direncanakan adalah; Bekasi-Tangerang (lewat JORR)-Cilegon Barat (tol Jakarta Merak)-Kawasan Industri Krakatau-Anyer-Labuan-Panimbang-Sobang-Tanjung Lesung.

Ini adalah perjalanan ke-dua ke Tanjung Lesung, setelah liburan lebaran tahun 2014. Saat itu route yang diambil pulang pergi adalah; Bekasi-Serang Timur-Pandeglang-Labuan-Panimbang-Sobang-Tanjung Lesung. Untuk pulang route kebalikannya.


Minggu, 7 Pebruari 2016
Pukul 05.10 WIB berangkat dari rumah di Bekasi menuju Tangerang, menjemput Abang yang datang dari kampung Talun Kenas, di Perumahan Bukit Dago- Tangerang. Dari JORR keluar pintu tol Parung-Serpong. Jalan lurus terus melewati jalan Puspitek Serpong. Tiba di kediaman di Bukit Dago pukul 06.15 WIB.

Setelah sarapan dan ngobrol sebentar, pukul 06.50 WIB berangkat dari Tangerang, masuk jalan tol Jakarta-Merak. Di jalan tol sudah banyak kendaraan bus pariwisata, mungkin menuju kawasan wisata Anyer Banten. Sesekali terjadi kemacetan di jalan tol karena adanya rombongan bus atau truk yang sarat muatan.

Keluar tol Cilegeon Barat, masuk kawasan industri Krakatau Steel sampai jalan raya Anyer. Kemacetan terjadi mulai pintu perlintasan rel kereta api di Anyer. Kelihatannya petugas lalu lintas menerapkan sistem buka tutup jalur, sehingga beberapa saat kendaraan berhenti tidak bergerak sama sekali. Disepanjang jalur pantai Anyer, terutama di darah yang tersedia lokasi wisata pantai, macet karena adanya keluar masuk kendaraan ke lokasi. Selewat pantai Carita, jalan tidak sepadat jalur sebelumnya.










Tiba di Labuan sekitar pukul 11.30 siang. Karena pertigaan yang menuju Tanjung Lesung agak lupa, terpaksa beberapa kali bertanya, untuk memastikan tidak kesasar. Dipertigaan Labuan belok Kanan, setelah melihat cerobong asap PLTU Labuan di sebelah kanan jalan, menjadi sangat yakin jalan menuju Tanjung Lesung. Menuju Sobang tempat tinggal keponakan yang bekerja di kebun sawit disana. Jalan raya Labuan-Panimbang, sebelum BRI KC Sobang belok kiri arah Psr Sobang.
        Pertigaan Sobang - Panimbang

Tiba di Sobang sekitar pukul 13.00 WIB. Ngobrol sebentar, kemudian keluar arah Tanjung Lesung untuk mencari tempat makan. Lewat jembatan ada rumah makan lesehan ikan bakar sebelah kiri jalan RM Lesehan Ikan Bakar. Karena memang sudah lapar, menu ikan bakarnya terasa nikmat juga.


                                RM Ikn Bakar di Jl Raya Panimbang-T Lesung

Setelah makan lanjut menuju Tanjung Lesung, sebelumnya mencari tempat penginapan untuk malam ini. Setelah menanyakan beberapa tempat, diputuskan menginap di Griya Nyimas Homestay, Kampung Cipanon Tanjungjaya-Kec. Panimbang, dengan mengambil satu kamar.

Kelihatannya pengelola mengambil kesempatan sebesar-besarnya di musim libur ini. Kamar sederhana dengan AC dan kamar mandi di dalam ditawarkan 750rb permalam plus sarapan pagi untuk 7 orang. Sesuai hukum pasar, permintaan meningkat harga meningkat. Meski begitu semua kamar yang tersedia penuh untuk malam ini. Mungkin kelebihan utama dari penginapan ini adalah lokasinya yang persis dipinggir pantai, sehingga tidak perlu menyeberang jalan raya untuk ke pantai seperti pada homestay yang lain. Tapi ombaknya relatif kecil dan pantainya juga kurang bersih.

Setelah memastikan tempat menginap malam ini, lanjut jalan ke arah Pantai Bodur sambil mengambil beberapa gambar di jalan masuk lokasi.
                                   Foto bersama keluarga

Karena hari sudah mulai senja, kembali ke penginapan di Griya Nyimas.


                                   Lokasi Griya Nyimas - Tanjung Lesung



Senin, 8 Pebruari 2016.
Hari ini pulang, rencana routenya, Tanjung Lesung-Panimbang-Labuan-Pandeglang-Serang-Tangerang-Bekasi.

Pagi-pagi bangun, jalan pagi dibibir pantai, menyusuri pasir dengan ombak kecilnya. Pukul 07.30 WIB hujan mulai turun, semakin lama semakin besar. Akhirnya pagi ini hanya tinggal di kamar, bercengkrama dengan keluarga dan sarapan pagi yang telah disediakan penginapan.
                                   Menunggu hujan reda

Pukul 09.50 WIB meninggalkan penginapan, untuk pulang kembali ke Bekasi. Mobil menunjukkan km 22446.
Singgah sebentar di pantai pinggir sebelah kiri jalan selewat jembatan yang berada persis di pinggir pantai, mengambil beberapa foto dengan latar belakang pulau Liwungan. Kemudian melanjutkan perjalanan lagi menuju Labuan. Pertigaan Labuan belok Kanan menuju Pandeglang. Sekitar pukul 1 siang tiba di RM DJA (Durian Jatohan Arief) yang berada dipinggir sebelah kiri jalan Pandeglang-Serang. Makan buah durian dan makan siang disini.
                                Durian Jatuhan Arief-Pandeglang
Yang menarik disini adalah harga durian perbuahnya yang mencapai ratusan ribu rupiah, yang kalau di kampung Talun Kenas mungkin harganya hanya sekitar dua pulh lima ribuan. Tapi untuk memenuhi rasa ingin tahu, coba beli satu buah, rasanya biasa seperti buah durian umumnya, tapi memang dagingnya tebal dan tidak ada yang busuk.

Pukul 14 siang, kembali melanjutkan perjalanan menuju kota Serang. Memasuki kota Serang, rambu-rambu menuju jalan tol Jakarta sangat kurang, sehingga harus berhenti untuk bertanya ke penduduk setempat arah menuju jalan tol. Masuk pintu tol Serang Timur. Dijalan tol hujan turun, sehingga harus lebih hati-hati. Menuju Tangerang keluar pintu tol Tangerang-Serpong ambil arah Serpong. Lurus terus melewati tengah kota BSD menuju perumahan Bukit Dago, Parung.
Sekitar pukul 16 tiba di Perumahan Bukit Dago Tangerang, hujan lebat. Beristirahat sebentar minum teh manis panas. Pukul 17.25 WIB melanjutkan perjalanan menuju Bekasi, hujan mulai reda.

Tiba di rumah sekitar pukul 19.05 WIB dengan selamat sentosa. Puji Tuhan. Mobil km 22674
Beberapa foto yang diambil :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar