Selasa, Januari 19, 2016

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor


Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat
Kantor Samsat Kota Bekasi
Pemilik kendaraan bermotor, setiap tahunnya wajib membayar Pajak Kendaraan Bermotor  yang biasanya dilakukan di kantor Samsat setempat.
Pada hari Senin, 18 Januari 2016, saya menyempatkan diri untuk membayar pajak tahunan kendaran saya di Samsat Kota Bekasi.

Jam 08.15 WIB, tiba di kantor  Samsat.

Pengunjung sudah penuh. Di pintu masuk, saya bertanya ke pak Polisi yang berdiri di pintu. Infonya, untuk kendaraan roda-4 langsung ke lantai 3, kalau roda-2 di lantai-2. Naik ke lantai-3, di lantai-2 sudah penuh antrian. Tiba di lantai-3, bertanya ke sesama pengunjung, katanya ngambil blanko di lantai-1. Terpaksa turun lagi.
 

Mengambil blanko di resepsionis, yang dilayani oleh 2 orang wanita.  Katanya, untuk pengurusan roda-4 di lantai-3. Naik lagi ke lantai-3, lalu mengisi  blanko sesuai data yang ada di BPKB mobil dan KTP. Cari info lagi ke petugas, blanko yang sudah diisi tersebut diserahkan di loket mana ? Katanya harus ke loket Progressive dulu di lantai-1. Ya ampunn, harus turun lagi ke lantai-1.


Masukkan berkas di loket progressive lantai-1, dengan ditaruh di pintu loket, bertumpuk dengan berkas-berkas milik orang lain. Berkas-berkas berantakan, karena ada saja yang mengambil kembali berkasnya. Disinilah titik krusialnya, karena tumpukan berkas terus bertambah, tetapi ada juga yang mengambil kembali. Sehingga bisa saja jika ada yang  berniat  tidak baik mengambil berkas yang menumpuk tersebut.  Jika berkas  sempat hilang, betapa merepotkannya, karena di berkas  tersebut ada : STNK dan KTP Asli.


Sekitar 15 menit  menunggu di loket progressive, akhirnya dipanggil dan dikasi berkas yang sudah dicek. Langsung ke lantai-3 lagi. Masukkan berka di pintu loket, terjadi lagi tumpukan berkas seperti di lantai-1.


Menunggu sekitar 10 menit, dipanggil dan diminta untuk menunjukkan BPKB Asli. Setelah ditunjukkan, dikasi tanda terima berupa secarik kecil kertas , ukuran 10x10 cm, berisi nomor kendaraan bermotor kita, lalu disuruh menunggu  dipanggil oleh kasir.


Menunggu sekitar 10 menit, dipanggil oleh kasir untuk melakukan pembayaran dengan menyerahkn lembaran kertas tanda terima berkas. Bayar tunai sesuai tarif yang disebutkan oleh kasir, kemudian menunggu lagi untuk  surat bayar pajaknya. Lima menit kemudian dipanggil untuk menerima STNK dan tanda bayar pajaknya beserta KTP Asli.
Jam 09.15 WIB selesai.


Yang perlu disiapkan :
1. Foto Copy KTP 1 lbr dan KTP Asli disertakan
2. Foto Copy STNK  1 set dan STNK Asli disertakan
3. Foto Copy BPKB 1 set dan BPKB Asli diperlihatkan
4. Ballpoint
5. Stapless
6. Kantong plastik kecil untuk wadah KTP Asli, agar KTP tidak di stapless

Tidak ada komentar:

Posting Komentar