Minggu, Juli 25, 2010

Seni Berbicara


SENI BERBICARA
Kepada siapa saja, kapan saja, dimana saja.
Rahasia-rahasia komunikasi yang baik.


Buku “SENI BERBICARA Kepada siapa saja, kapan saja, dimana saja. Rahasia-rahasia komunikasi yang baik” ini ditulis oleh Larry King pembawa acara Larry King Live di CNN, salah satu program televisi kabel di Amerika.

Kita melakukannya setiap hari, tetapi berbicara kepada orang-orang –khususnya kepada orang-orang yang tidak kita ketahui- kerap kali menjadi tantangan yang menyiutkan nyali. Larry King, yang telah bercakap-cakap dengan beragam orang, membeberkan rahasianya tentang berkomunikasi dengan yakin dan efektif dalam segala macam situasi.

Pada buku ini, penulis memberikan banyak tip yang akan membantu pembaca menguasai seni bercakap-cakap dalam setting sosial maupun profesional. Ia menunjukkan kepada kita cara memecah kebekuan dengan orang-orang yang masih asing, apa yang harus dikatakan pada saat pesta perkawinan ataupun acara pemakaman, bagaimana menjual diri Anda sendiri kepada calon majikan- atau mewawancarai seseorang calon karyawan. Penulis memberikan rahasianya kepada kita bila kita harus tampil di radio atau televisi, dan bagaimana menyelamatkan diri bila keseleo lidah.
.
Sebagian besar orang sukses adalah pembicara-pembicara yang sukses, demikian juga sebaliknya. Ada delapan hal yang dimiliki pembicara terbaik, yaitu :
1. Mereka memandang suatu hal dari sudut yang baru, mengambil titik pandang yang tak terduga pada subjek yang umum.

2. Mereka mempunyai cakrawala luas. Mereka memikirkan dan membicarakan isu-isu dan pengalaman luas di luar kehidupan mereka sehari-hari.

3. Mereka antusias, menunjukkan minat besar pada apa yang mereka perbuat dalam kehidupan mereka dan pada apa yang anda katakan pada kesempatan itu.

4. Mereka tidak pernah membicarakan diri mereka sendiri.

5. Mereka sangat ingin tahu. Para pembicara terbaik selalu ingin tahu tentang segala hal. Itulah sebabnya mereka pandai mendengarkan dan selalu mempelajari sesuatu yang baru. Mereka ingin lebih mengetahui tentang apa yang anda katakan.

6. Mereka memberi ketegasan. Mereka berusaha menempatkan diri pada posisi anda untuk memahami apa yang anda katakan.

7. Mereka mempunyai selera humor. Dan mereka tidak keberatan mengolok-olok diri sendiri. Sungguh, konvensasionalis terbaik sering mengisahkan pengalaman lucu mereka sendiri.

8. Mereka mempunyai gaya bicara sendiri.

Dengan buku ini, andapun dapat belajar berkomunikasi dengan keyakinan dan kemudahan yang telah membuat Larry King terkenal diseluruh dunia sebagai pakar berbicara.

Judul Buku : SENI BERBICARA
Pengarang : LARRY KING
Penerbit : PT. GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA
Tahun : 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar