Rabu, Maret 11, 2009

Talun Kenas (2)

Puskesmas aja berani IMD
Posted on February 26, 2008 by sentralaktasiindonesia
Sosialisasi IMD pada agustus 2007 yang diadakan HSP dan sentra laktasi indonesia, ahirnya membuah hasil manis.
Bayi dari pasangan Metro Tarigan dan Risawanti penduduk dsn VI desa Sumbul Kec. STM Hilir lahir dibantu oleh Bidan Jumihar HT Galung, Bidan Resna Dan Julfadli di Puskesmas rawat inap Talun Kenas dengan berat badan lahir 3100 Gram dan PB 48 CM. Sungguh anugerah terindah yang diberikan para bidan kepada ibu risawanti tersebut, ibu diberi kesempatan untuk IMD.

Pada 10.00-10.06 WIB bayi dikerngkan dan tali pusat diikat, 10.07 bayi tersebut diletakan di atasa dada ibunya diantara payudara sampai 10.20 bayi pun hanya diam, orang-orang menunggu dengan penuh harap sang buah hati akan segera menemukan sumber kehidupannya. Pukul 10.20 bayi mulai menjilat-jilat dada ibu, sontak para “suporter” gembira, lalu bayi itupun bergerak perlahan-lahan, pukul 10.20 WIB bayi berhasil mencapai payudara ibunya di daerah lateral, dan langsung memasukan puting susu ke dalam mulutnya dan mulai mengisap payudara ibu dan menyusu dengan lahap, para suporterpun berteriak “gooll”..
Bayi ini merupakan anak kedua dan keduanya laki-laki, meski harapan ibu ingin memiliki bayi perempuan tetapi anak laki-lakipun adalah anugerah terindah yang tuhan berikan. Bidan Puskesmas Stefani Agustin memberi penyuluhan sambil menjagai sang bayi, ibu membelai sang buah hati dengan penuh kasih sayang. Sangat indah dipandang, tak terasa air mata menetes menandakan kebahagian.
Meski proses kelahiran bayi ini tidak 100% normal, tetapi dia mampu optimis untuk melakukan IMD, pada pukul 11.00 WIB placenta belum keluar, bikor (Sedia Ginting) yang memimpin IMD ahirnya mempersiapkan Risawanti untuk dirujuk ke Rumah Sakit untuk dilakukan manual placenta oleh dokter spesialis di rumah sakit Sembiring Deli Tua.
Selamat.

1 komentar: